Senin, 24 Juni 2024

Bidang Urais Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur Berikan Pembinaan Kepada Kepala KUA dan Penghulu Se-Kabupaten Jember

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember
Hadir Sebagai Inspirasi

Jember (Humas) – Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan dan pembinaan agama Islam di Kabupaten Jember, Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur menggelar kegiatan pembinaan yang dihadiri oleh 30 Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dan 18 Penghulu se-Kabupaten Jember. Acara berlangsung pada hari Rabu, (21/2/2024), bertempat di aula utama Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember.

Acara tersebut dihadiri oleh narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Dr. Amanulloh, S. Ag, M.HI, Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda pada Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, dan Elly Maftuhah, S.Pd, Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda pada Bidang Urusan Agama Islam Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Didik Kurniawan, atas nama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember. Dalam sambutannya, Didik Kurniawan menekankan pentingnya kerja sama dan disiplin dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan di KUA harus dilakukan secara optimal, tanpa adanya keluhan dari masyarakat, dan harus bebas dari praktik pungutan liar. Ia juga menyoroti pentingnya pembagian tugas yang bijak antara Kepala KUA dan Penghulu dalam layanan pernikahan.

Dr. Amanulloh, dalam materinya, menekankan pentingnya peran Kepala KUA dan Penghulu sebagai ujung tombak dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Beliau juga memberikan wawasan terbaru mengenai tata cara pernikahan dan hukum Islam yang relevan dengan kondisi masyarakat saat ini.

Sementara itu, Elly Maftuhah membahas strategi pendekatan dalam memberikan pembinaan agama Islam kepada masyarakat. Dalam paparannya, beliau menekankan bahwa Kepala KUA dan Penghulu perlu memiliki keterampilan sosial dan kemampuan komunikasi yang baik agar dapat lebih efektif dalam membimbing masyarakat.

Selain kegiatan pembinaan, pada acara yang sama, dilakukan juga serah terima hasil sidang itsbat tahun 2023. Hasil sidang itsbat ini merupakan wujud dari upaya pemerintah dalam menyelenggarakan kegiatan pembuktian atau penetapan status hukum peristiwa keagamaan, khususnya terkait dengan pernikahan.

Para peserta sidang itsbat menyampaikan hasil sidang dan kesepakatan yang telah dicapai dalam rangka menyelesaikan proses itsbat dengan transparansi dan keadilan, dan diterima oleh Kepala Seksi Bimas Islam, Didik Kurniawan. Hal ini juga sebagai langkah nyata dalam memberikan kepastian hukum kepada masyarakat terkait status pernikahan di Kabupaten Jember.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana peserta dapat berinteraksi langsung dengan narasumber untuk mendapatkan klarifikasi dan pemahaman yang lebih mendalam. Para peserta diharapkan dapat mengimplementasikan pengetahuan yang diperoleh dalam kesehariannya untuk meningkatkan kualitas layanan di bidang agama Islam.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam peningkatan kualitas pelayanan dan penegakan hukum di bidang keagamaan, khususnya terkait dengan pernikahan dan status keagamaan masyarakat Kabupaten Jember. (hld)

#KementerianSemuaAgama