Jum'at, 23 Februari 2024

Kantor Kemenag Kabupaten Jember Gelar Acara Evaluasi Kinerja Seksi Bimas Islam Tahun 2023 dan Pembagian Peran Hasil SKP Tahun 2024

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember
Hadir Sebagai Inspirasi

Jember (Humas) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jember melalui Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam menggelar acara evaluasi kinerja tahun 2023 serta pembagian peran hasil Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) untuk tahun 2024. Acara ini berlangsung di Aula Utama Kantor Kemenag Kabupaten Jember, Senin (5/2/2024) dan dihadiri oleh 13 Penyuluh Agama Islam Pegawai Negeri Sipil (PNS), 35 Penyuluh Agama Islam Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan 204 Penyuluh Agama Islam Non PNS.

Acara evaluasi kinerja ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan tugas Seksi Bimas Islam. Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Jember, Akhmad Sruji Bahtiar, menyampaikan apresiasinya terhadap dedikasi dan komitmen para penyuluh agama Islam dalam melaksanakan tugasnya dan mendukung program-program Kementerian Agama. Beliau menyampaikan rasa syukur atas upaya keras yang telah dilakukan oleh seluruh pegawai di Seksi Bimas Islam selama tahun 2023.

“Dalam setiap langkah yang kita ambil, kita telah memberikan sumbangsih yang besar dalam membentuk masyarakat yang berakhlak mulia dan religius. Terima kasih kepada seluruh penyuluh agama Islam yang telah bekerja keras memberikan pencerahan dan pembinaan kepada masyarakat Kabupaten Jember,” ungkap Akhmad Sruji Bahtiar.

Beliau juga menyoroti beberapa capaian positif yang telah dicapai dalam tahun sebelumnya dan mengajak seluruh pegawai di Seksi Bimas Islam untuk terus berinovasi dan berkolaborasi guna meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat.

“Kita telah berhasil mencapai beberapa target yang telah ditetapkan pada tahun lalu. Namun, kita tidak boleh berpuas diri. Tantangan kedepan semakin kompleks, dan kita perlu terus beradaptasi dan mencari solusi terbaik untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat,” tambahnya.

Evaluasi kinerja Seksi Bimas Islam tahun 2023 menjadi fokus utama dalam acara ini. Peserta, terutama penyuluh agama Islam, diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman, hambatan yang dihadapi, serta memberikan usulan perbaikan untuk optimalisasi pelayanan kepada masyarakat. Diskusi dan tukar pikiran antara peserta acara membuat suasana menjadi sangat interaktif dan konstruktif.

Selain itu, dalam rangka persiapan tahun 2024, dilakukan pembagian peran hasil Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) untuk Penyuluh Agama Islam yang berstatus ASN. Hal ini bertujuan agar setiap penyuluh agama Islam memiliki pemahaman yang jelas mengenai tugas dan tanggung jawabnya dalam mencapai target yang telah ditetapkan.

Menyadari pentingnya peran penyuluh agama Islam dalam membangun kesadaran keagamaan di masyarakat, Didik Kurniawan selaku Kepala Seksi Bimas Islam menyatakan, “Acara ini bukan hanya sebagai evaluasi, tetapi juga sebagai momentum untuk memotivasi dan membina semangat kerja kita bersama dalam melayani masyarakat.”

Acara ditutup dengan doa bersama dengan harapan agar setiap penyuluh agama Islam dapat memberikan kontribusi maksimal dalam peningkatan kualitas kehidupan beragama masyarakat Kabupaten Jember. Keberhasilan acara ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada penguatan peran Kemenag dalam memajukan kehidupan beragama di tingkat lokal. (hld)

#KementerianSemuaAgama