Rabu, 21 Februari 2024

Kantor Kemenag Kabupaten Jember Gelar Rapat Kerja Pimpinan untuk Pembahasan Program Kerja dan Anggaran Tahun 2024

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember
Hadir Sebagai Inspirasi

Jember (Humas) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jember menggelar acara rapat kerja pimpinan (Rakerpim) yang bertujuan untuk membahas program kerja dan anggaran tahun anggaran 2024. Acara ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 6 hingga 7 Februari 2024, di Kalibaru Cottage, Banyuwangi.

Rapat kerja pimpinan yang dihadiri oleh segenap pejabat dan pimpinan satuan kerja di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Jember ini menjadi momentum penting dalam menetapkan arah kebijakan serta alokasi anggaran untuk tahun 2024. Dalam suasana yang penuh kerja sama dan kolaborasi, para peserta rapat membahas berbagai program prioritas yang akan dijalankan serta mengevaluasi capaian dari tahun sebelumnya.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember Dr. H. Akhmad Sruji Bahtiar, M.Pd.I, mengatakan perlu mengevaluasi pelaksanaan program anggaran tahun 2023 dan persiapan pelaksanaan program anggaran tahun 2024, dan Rapat Kerja tahunan ini dapat menjadikan wahana untuk kita semua membahas berbagai isu-isu strategis yang menjadi tanggung jawab Kementerian Agama dibidang peningkatan kualitas kehidupan beragama, kerukunan umat beragama, Pendidikan Agama dan Keagamaan, dan pelayanan Ibadah Haji yang prima dan tata kelola Pemerintahan yang bersih.

Lebih lanjut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember mengungkapkan pentingnya rapat kerja pimpinan ini sebagai wadah untuk menyusun strategi yang lebih efektif dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Beliau juga menekankan pentingnya sinergi antarunit kerja untuk mencapai target-target yang telah ditetapkan.

“Jadikan rapat kerja ini sebagai bentuk koordinasi, konsolidasi, singkronisasi percepatan pelaksanaan anggaran bagi seluruh elemen dilingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Jember”, ujar Akhmad Sruji Bahtiar.

Sebelumnya dalam laporan Ketua Panitia Rakerpim Drs. H. Ahmad Tholabi, M.HI melaporkan bahwa kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 6 s.d. 7 Februari 2024 bertempat di Kalibaru Cottage, Banyuwangi, dan di ikuti oleh 70 orang peserta dengan mengusung Tema “mewujudkan dan mengaktualisasikan Revolusi Mental Menuju Birokrasi yang bersih dan melayani“ sesuai dengan Visi dan Misi Kementerian Agama menuju Birokrasi yang bersih dan melayani.

Selama dua hari pelaksanaan, berbagai sesi presentasi dan diskusi digelar untuk mengkaji setiap aspek program kerja yang direncanakan serta menyusun rencana anggaran yang optimal sesuai dengan kebutuhan dan prioritas. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan masukan dan saran guna penyempurnaan rencana kerja yang telah disusun.

Dalam suasana yang penuh antusiasme, para peserta rapat sepakat untuk menjadikan tahun 2024 sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam hal pelayanan keagamaan dan pembinaan umat.

Dalam kegiatan Rakerpim ini juga dilakukan pemaparan terkait sinkronisasi antara IKSK, Perkin, RHK pada Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) Based On Kinerja dan Dipa Tahun anggaran 2024 untuk mengisi pada aplikasi e-Kinerja pegawai, oleh Analis Kepegawain Rudi Winarto, SE, MM., serta pemaparan program tata naskah dinas terintegrasi Srikandi dan program layanan online terintegrasi Silantas Cekatan oleh Fungsional Arsiparis Fauziah Inwinarni, S.IP, dan Fungsional Pranata Komputer Asri Yulianti, S.Kom, M.T.

Rapat kerja pimpinan ini di tutup dengan peserta mengikuti Outbond (Character and Capacity Building) yang digelar di area terbuka di sekitar Kalibaru Cottage. Outbond ini tidak hanya menjadi momen untuk relaksasi setelah berdiskusi panjang, tetapi juga sebagai kesempatan untuk membangun karakter dan kapasitas kepemimpinan para peserta.

Dengan berakhirnya acara rapat kerja pimpinan ini, diharapkan Kemenag Kabupaten Jember dapat melangkah maju dengan lebih mantap dalam mewujudkan Visi dan Misi Kementerian Agama untuk melayani dan memajukan umat serta agama di wilayah Kabupaten Jember. (hld)

#KementerianSemuaAgama