Rabu, 21 Februari 2024

Kepala Kanwil Kemenag Prov, Jatim, Husnul Maram Ajak ASN Bersatu dalam Penguatan Transformasi Digital

Jember (Humas) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jember menggelar acara pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan tema utama penguatan transformasi digital. Pembinaan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember tersebut diberikan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram.

Pembinaan ASN ini diarahkan untuk memperkuat penguatan transformasi digital di lingkungan Kantor Kemenag Kab. Jember. Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jawa Timur Husnul Maram memberikan materi yang mendalam tentang pentingnya mengadopsi teknologi terkini dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai ASN. Transformasi digital diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap efisiensi, akurasi, dan efektivitas pelayanan publik.

Selain memberikan materi pembinaan, Husnul Maram dengan di dampingi Kepala Kantor Kemenag Kab. Jember Akhmad Sruji Bahtiar turut meluncurkan aplikasi baru yang akan mempermudah proses administrasi di Kantor Kemenag Kabupaten Jember. Aplikasi ini diberi nama “Sistem Layanan AdmiNistrasi Tanpa batAS, Cepat, EfeKtif, Akurat, TuntAs, dan EfisieN” (SILANTAS CEKATAN). Peluncuran aplikasi ini diharapkan dapat memberikan solusi terhadap berbagai tantangan dalam administrasi, sehingga memberikan pelayanan yang lebih cepat, akurat, dan efisien kepada masyarakat.

Acara yang berlangsung di Aula Utama Kantor Kemenag Jember pada hari Minggu, (21/1/2024) tersebut dihadiri oleh Kepala Kanwil Kemenag Prov. Jatim beserta Ibu Ketua DWP Kemenag Prov. Jatim, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Prov. Jatim beserta Ibu, Kepala Kantor Kemenag Kab. Jember beserta Ibu Ketua DWP Kantor Kemenag Kab. Jember, Kepala Kantor Kemenag Kab. Lumajang, segenap Pejabat Pengawas Kantor Kemenag Kab. Jember serta ASN di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Jember.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Jember, Akhmad Sruji Bahtiar, menyampaikan pentingnya penguatan transformasi digital dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan publik. Ia menekankan bahwa kehadiran aplikasi SILANTAS CEKATAN adalah langkah strategis untuk menjawab tantangan zaman yang menuntut percepatan layanan administrasi.

“Bekerja dalam dunia digital bukan hanya kebutuhan, tetapi suatu keharusan. Transformasi digital harus menjadi bagian integral dari tugas dan tanggung jawab ASN kita. Dengan adanya SILANTAS CEKATAN, kita dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat, efektif, dan akurat kepada masyarakat, sehingga masyarakat yang membutuhkan pelayanan kita tidak harus datang ke kantor Kemenag Jember,” ujar Bahtiar sapaan akrabnya.

Pria energik ini juga menambahkan bahwa kecepatan dan ketepatan pelayanan merupakan kunci utama dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Dengan mengusung tema “Penguatan Transformasi Digital”, diharapkan ASN dapat lebih proaktif dan adaptif terhadap perkembangan teknologi.

SILANTAS CEKATAN sendiri dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai layanan administrasi keagamaan. Aplikasi ini menawarkan kemudahan akses, penggunaan yang intuitif, serta jaminan keamanan data bagi setiap pengguna.

Pada kesempatan tersebut, Husnul Maram dalam sambutan dan arahannya mengajak seluruh ASN untuk bersama-sama menjalankan visi pemerintah dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima dan berbasis teknologi. Ia berharap agar aplikasi SILANTAS CEKATAN dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat serta memberikan kontribusi nyata dalam memajukan Kabupaten Jember.

Beliau juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh ASN yang telah berkomitmen untuk terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi. “Transformasi digital bukanlah pilihan, melainkan kebutuhan untuk menjawab tuntutan zaman. Dengan diluncurkannya SILANTAS CEKATAN, kita dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat secara menyeluruh,” ujar Husnul Maram.

Acara pembinaan ASN dengan fokus pada penguatan transformasi digital dan peluncuran SILANTAS CEKATAN diharapkan dapat menjadi tonggak awal menuju era pelayanan publik yang modern, efisien, dan terpercaya di Kabupaten Jember. Sementara Ketua DWP Kanwil Kemenag Jatim, Zulfatul Mufidah Maram juga memberikan pembinaan kepada anggota DWP Kemenag Jember di MAN 1 Jember. (hld)