Rabu, 21 Februari 2024

Studi Komparasi Pembangunan Zona Integritas: Tim Satgas PMPZI Kantor Kemenag Kab. Jember Kunjungi Kantor Kemenag Kota Denpasar

Jember (Humas) – Tim Satgas Penilaian Mandiri Pembangunan Zona Integritas (PMPZI) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jember melakukan studi komparasi pembangunan zona integritas di Kantor Kemenag Kota Denpasar, Bali, pada Jumat (26/1/2024). Kunjungan ini bertujuan untuk memperoleh masukan dan temuan yang akan menjadi landasan dalam upaya meningkatkan integritas dan kualitas layanan di Kantor Kemenag Kabupaten Jember.

Tim Satgas PMPZI Kantor Kemenag Kab. Jember, yang terdiri dari 40 anggota dan didampingi oleh 19 kepala madrasah negeri, disambut dengan hangat oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Denpasar, Ida Bagus Ketut Rimbawan. Acara penyambutan yang dilakukan di Aula Kantor Kemenag Kota Denpasar tersebut juga dihadiri oleh Kepala Subbag Tata Usaha, Ida Bagus Dibya, dan Tim Satgas PMPZI Kantor Kemenag Kota Denpasar.

Dalam sambutannya, Ida Bagus Ketut Rimbawan menyampaikan apresiasinya atas kunjungan Tim Satgas PMPZI Kantor Kemenag Kab. Jember. “Kami sangat senang dapat berbagi pengalaman dan best practice dalam pembangunan zona integritas dengan rekan-rekan dari Jember. Semoga pertukaran ini dapat memberikan kontribusi positif untuk peningkatan integritas dan kualitas layanan di Kantor Kemenag Kabupaten Jember,” ujar Ida Bagus Ketut Rimbawan.

Selama kunjungan, Tim Satgas PMPZI Kab. Jember mengikuti sesi presentasi dan diskusi yang difasilitasi oleh Kantor Kemenag Kota Denpasar. Masing-masing area baik area Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan, dan area Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik berkesempatan untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang implementasi zona integritas, strategi pemantauan, serta evaluasi yang dilakukan oleh Kantor Kemenag Kota Denpasar.

Pengarah Tim Satgas PMPZI Kantor Kemenag Kab. Jember, Akhmad Sruji Bahtiar dalam komentarnya, menyatakan bahwa studi komparasi ini memberikan wawasan yang berharga. “Kami menghargai kesempatan ini untuk belajar dari pengalaman sukses Kantor Kemenag Kota Denpasar dalam membangun zona integritas. Temuan dan masukan dari kunjungan ini akan menjadi landasan untuk perbaikan dan peningkatan di Kantor Kemenag Kabupaten Jember,” ungkapnya.

Setelah sesi studi komparasi, Tim Satgas PMPZI Kantor Kemenag Kab. Jember berencana untuk menyusun laporan yang memuat temuan dan rekomendasi. Laporan ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi Kantor Kemenag Kabupaten Jember dalam mengembangkan dan memperkuat integritas serta kualitas layanan mereka.

Kegiatan ini mencerminkan komitmen Kantor Kemenag Kabupaten Jember dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, dan berintegritas, sesuai dengan program Pembangunan Zona Integritas. (hld)